TEKNIK MENGURANGI KELUHAN UMUM MASA KEHAMILAN DENGAN ASUHAN KOMPLEMENTER DI WILAYAH KERJA UPTD PUSKESMAS II DINAS KESEHATAN KECAMATAN DENPASAR SELATAN

Main Article Content

Listina Ade Widya Ningtyas
Ni Komang Yuni Rahyani
Ni Wayan Armini

Abstract

ABSTRAK. Keluhan-keluhan terkait ketidaknyamanan selama kehamilan dapat memberikan dampak cukup besar bagi rasa aman serta kelangsungan kehamilan, sehingga membutuhkan perhatian dan penanganan yang tepat. Puskesmas belum menyelenggarakan layanan komplementer selain kelas ibu hamil dan yoga. Media terkait upaya menetalaksana keluhan umum pada ibu hamil sampai nifas belum tersedia. Tujuan pengabdian adalah untuk menyiapkan media lembar balik bagi bidan dalam memberikan edukasi terkait tatalaksana mengatasi keluhan umum bagi ibu hamil sampai nifas di puskesmas UPTD Dinas Kesehatan II Kecamatan Denpasar Selatan. Sasaran kegiatan pengabdian adalah bidan yang bertugas sebagai pelaksana layanan kesehatan ibu dan anak serta KB dan ibu hamil serta nifas yang berkunjung ke puskesmas. Jumlah bidan yang dilibatkan sejumlah 12 orang dan klien sejumlah 25 orang. Lama kegiatan PKM adalah 3 bulan sejak Juli sampai September 2022. Instrumen pengabdian adalah kuesioner bagi bidan dank lien serta media lembar balik. Kebermanfaatan media lembar balik dinilai dari skor pretest dan posttest maupun respon dari bidan serta klien. Hasil yang diperoleh bahwa semua bidan (100%) mengemukakan bahwa lembar balik sangat mudah dan efektif digunakan, membantu memudahkan bidan dalam memberikan edukasi/bimbingan kepada klien secara individu dan klasikal. Respon dari klien adalah informasi yang diberikan oleh bidan lebih mudah diterima dan klien merasa nyaman. Hasil skor pengetahuan klien dan bidan meningkat secara signifikan (p<0,005) antara skor pretest dengan posttest. Bidan diharapkan meningkatkan inovasi serta improvisasi dalam memberikan edukasi kepada klien untuk mengatasi masalah klien.
 
Kata kunci : edukasi, bimbingan klien, layanan komplementer, media lembar balik
 
ABSTRACT. Complaints related to discomfort during pregnancy can have a significant impact on the sense of save and continuity of pregnancy, thus requiring proper attention and treatment. The health care center has not provided complementary services other than classes for pregnant women and yoga. Media related to efforts to manage common complaints in pregnant women until postpartum is not yet available. The purpose of this service is to prepare flipchart media for midwives in providing education regarding the management of general complaints for pregnant women to postpartum at the UPTD Dinas Kesehatan II Kecamatan Denpasar Selatan. Respondents of the service activities are midwives who serve as care giver of maternal and child health services as well as family planning and pregnant and postpartum women who visit the health center. There were 12 midwives involved and 25 pregnant women. The duration of service activities is 3 months from July to September 2022. The service instrument is a questionnaire for midwives and clients and flipchart media. The effectiveness of flipchart media is assessed from the pretest and posttest scores as well as the responses from the midwife and the pregnant women. The results obtained that all midwives (100%) stated that the flipcharts were very easy and effective to use, helping to facilitate midwives in providing education/guidance to clients by individually and classically. The response from the pregnant women is that the information provided by the midwife is more easily accepted and the client feels comfortable. The results of the client's and midwife's knowledge scores increased significantly (p<0.005) between the pretest and the posttest. Midwives are expected to increase innovation and improvisation in providing education to clients to overcome client problems.
 
Key words: client guidance, complementary services, education, flipchart media

Article Details

Section
Artikel