EFEKTIVITAS SISTEM ADMINISTRASI RUMAH SAKIT DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN KESEHATAN: SCOPING REVIEW

Main Article Content

Yurita Mailintina
Ribka Sabarina Panjaitan
Ludovikus Ludovikus
Ellynia Ellynia
Rizqa Wahdini
Yarwin Yari
Hardin La Ramba

Abstract

Latar Belakang: sistem administrasi memiliki peran yang sangat penting dalam mengelola semua aspek operasional di rumah sakit, terutama dalam pelayanan kesehatan. Kualitas pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit sangat bergantung pada seberapa efektif sistem administrasi yang diterapkan. Oleh karena itu, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengukur sejauh mana efektivitas sistem administrasi rumah sakit dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas sistem administrasi rumah sakit dalam mengelola operasional pelayanan kesehatan, menilai dampaknya terhadap peningkatan kualitas pelayanan, dan memberikan rekomendasi perbaikan untuk meningkatkan efektivitas sistem administrasi rumah sakit demi pelayanan kesehatan yang lebih baik dan efisien. Metode: Peneliti memilih metode scoping review untuk menyelami topik penelitian secara mendalam, membuka peluang untuk analisis lanjutan. Konsep PCC (Population, Concept, Context) dalam penelitian ini merujuk pada Patient, Hospital administration system dan Health Services, artikel-artikel yang digunakan dalam penelitian ini ditemukan melalui database seperti Pubmed, Sagepub, Science Direct. Hasil JBI Critical Appraisal Checklist for Analytical Systematic Review memiliki 11 pertanyaan, Quasi Experiment memiliki 9 pertanyaan, Cross Sectional Studies memiliki 7 pertanyaan, dan Simple Review memiliki 11 pertanyaan. Dari 569 artikel yang diidentifikasi, 15 artikel memenuhi kriteria, sementara 6 artikel tidak memenuhi kriteria dan dikecualikan. Dari 9 artikel yang dievaluasi, skor penelitian lebih dari 50%, dengan total skor berkisar 72% - 100%, menunjukkan kualitas studi yang tinggi. Sebagian besar studi menggunakan desain Systematic Review (4 artikel), diikuti oleh Quasi Experiment (2 artikel), Cross Sectional (2 artikel), dan Simple Review (1 artikel). Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa sistem administrasi rumah sakit, dengan intervensi berbasis model teori seperti Health Belief, Theory of Planned Behavior, dan Social Cognitive Theory, dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Desain penelitian yang paling umum adalah Systematic Review dan Quasi Experiment, dengan sebagian besar studi memiliki kualitas tinggi dengan demikian, penggunaan sistem administrasi rumah sakit yang efektif, didukung oleh intervensi berbasis model teori, dapat signifikan meningkatkan pelayanan kesehatan. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk memperkuat temuan ini dan memperluas pemahaman tentang pengaruh sistem administrasi rumah sakit terhadap kualitas pelayanan kesehatan
 
Kata kunci: pasien, pelayanan kesehatan, sistem administrasi rumah sakit
 
Background: Administrative systems have a very important role in managing all aspects of hospital operations, especially in health services. The quality of services provided by a hospital depends greatly on how effective the administrative system implemented is. Further research is needed to measure the extent to which the effectiveness of hospital administration systems can improve the quality of health services for patients. This research aims to analyze the effectiveness of the hospital administration system in managing health service operations, assess its impact on improving service quality, and provide recommendations for improvements to increase the effectiveness of the hospital administration system for better and more efficient health services. Methods: The 9 articles evaluated had a total score of 73% - 100%, indicating high study quality. The researcher chose the scoping review method to dive deeply into the research topic, opening up opportunities for further analysis. The PCC concept (Population, Concept, Context) in this research refers to Patients, Hospital administration systems and Health Services. The articles used in this research were found through databases such as Pubmed, Sagepub, Science Direct. Results: JBI Critical Appraisal Checklist for Quasi Experiment has 9 questions, Cross Sectional Studies has 7 questions, and Simple Review has 11 questions. Of the 569 articles identified, 15 articles met the criteria, while 6 articles did not meet the criteria and were excluded. Most of the research results used a Quasi Experiment design with 2 articles, Cross Sectinal with 6 articles and Simple Review with 1 article. Conclusion: This research shows that the hospital administration system, with interventions based on theoretical models such as Health Belief, Theory of Planned Behavior, and Social Cognitive Theory, can improve the quality of health services. The most common research design is Quasi Experiment, with the majority of studies being of high quality thus, the use of an effective hospital administration system, supported by theoretical model-based interventions, significantly improves health services. More research is needed to strengthen these findings and expand understanding of the influence of hospital administrative systems on the quality of health care.
 
Keywords: health services, hospital administration system, patient

Article Details

Section
KOSALA : Jurnal Ilmu Kesehatan